Saturday, June 27, 2020

Hilangnya Sumber Pemasukan bagi Para Pemusik dan Solusinya

Read More

"

Hilangnya Sumber Pemasukan bagi Para Pemusik dan Solusinya
Hilangnya beberapa Sumber Pemasukan bagi Para Pemusik dan Solusinya

Musik merupakan hobi yang  banyak digemari kaum muda, apalagi sekarang sedang adanya pandemi yang melanda dunia, semua orang diharuskan mengikuti peraturan pemerintah yaitu PSBB. Warga diharapkan bisa bekerja dari rumah, namun bagi sebagian besar mata pencaharian orang Indonesia belum bisa melakukannya karena belum terbiasa dengan dunia digital. Nah imbas PSBB bagi para pelaku musik sangatlah besar karena banyak job mereka yang dicancel.

Job2 para pemusik diantaranya:


1.Job cafe


Banyak cafe yang mengalami kemerosotan omzet bahkan kebangkrutan karena ditiadakannya konser musik di cafe-cafe karena mengundang kerumunan, walaupun prototipe diberlakukan namun tetap saja para pengunjung menjadi jarang keluar rumah untuk sekedar nongkrong di cafe seperti biasa.

2.Wedding job

Pesta resepsi pernikahan yang biasanya ramai saat ini tidak diperbolehkan mengadakan keramaian, mempelai hanya boleh menikah di kantor KUA atau mengundang penghulu ke rumah dan dihadiri oleh keluarga saja. Tidak diperbolehkan mengadakan acara hiburan yang biasanya diisi acara musik, hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor penyebab hilangnya sumber pemasukan bagi para pemusik.

3.Konser Musik

Kondisi PSBB saat ini mengharuskan setiap orang untuk tidak berkerumun dicafe atapun tempat favorit atau mengadakan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan.Hal ini yang menyebabkan ditiadakannya konser musik untuk menghindari penyebaran virus Covid19.Para pecinta musik hanya diperbolehkan konser melalui media online seperti instagram, zoom, facebook dan lainnya.


Dengan ditiadakannya  kegiatan seperti diatas tentu saja sangat berpengaruh terhadap pemasukan para pemusik, namun hal ini bisa diatasi dengan cara lain untuk memperoleh penghasilan lewat bermusik diantaranya :

1.Jual-beli alat musik

Sebagai seorang pemusik tentu saja pernah atau mungkin bahkan sering melakukan jual beli alat musik, baik itu alat bekas atau baru, custom ataupun original. Hal ini bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menjadi sumber penghasilan tambahan bahkan permanen apabila kita punya jiwa berbisnis. Jual beli alat musik bisa menjadi salah satu alternatif para pemusik, kita bisa berjualan secara online melalui platform marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee, facebook dan masih banyak lagi lainnya. Bagi yang punya modal bisa membeli barang langsung cash dari si penjual atau pengrajin alat musik apabila ingin jualan alat custom/lokal dan bagi yang punya modal sedikit bisa menjadi dropshiper atau reseller dari si penjual.

2. Menjadi konten kreator

Konten kreator adalah orang yang membuat karya baik secara individu maupun team dalam bentuk visual maupun audio visual. Semakin canggihnya teknologi komunikasi saat ini membuka peluang begitu besar untuk berbagi informasi melalui media online. Saat ini makin banyak orang berlomba menjadi konten kreator untuk website besar seperti google, youtube, facebook dll. Selain untuk berjualan di sana yaitu bisa menjadi sumber penghasilan bagi konten kreator baik itu dari iklan yang tayang di konten kita maupun endorsment dari perusahaan yang meitipkan produknya untuk kita promosiin, nah dari situ makanya kita buat konten semenarik dan sebagus mungkin agar banyak follower & subcriber yang menyukai konten musik kita.

"

0 comments

Post a Comment